Pembahasan menyeluruh prosa lama dan baru

Assalamu'alaikum Ukhti-ukhti!

Langsung aja ya! Jadi malam ini aku akan sharing-sharing tentang dunia kepenulisan, sebelumnya kita harus kenalan dulu dong ama yang namanya novel? Novel diciptakan dari apa? Novel pertama kali terbit kapan? Iya gak? Apa sih?

So ya, jadi novel itu adalah karangan prosa yang menceritakan kehidupan seseorang dengan menonjolkan watak yang kuat dan bermacam-macam pada setiap pelaku.


Genre novel digambarkan memiliki "sejarah yang berkelanjutan dan komprehensif selama sekitar 2000 tahun". Pandangan ini melihat novel berawal dari Yunani dan Romawi Klasik, abad pertengahan, awal roman modern, dan tradisi novella. Novella adalah suatu istilah dalam bahasa Italia untuk menggambarkan cerita singkat, yang dijadikan istilah dalam bahasa Inggris saat ini sejak abad ke-18. Ian Watt, sejarawan sastra Inggris, menuliskan dalam bukunya The Rise of The Novel (1957) bahwa novel pertama muncul pada awal abad ke-18.

Terus kalau prosa itu apa?

Jadi yang sebenar-benarnya, kita bakal bahas prosa terlebih dahulu. Karena prosa itu dasar dari semua karangan sastra, kaya novel, cerpen, dongeng, puisi, dan apa pun itu berawal dari prosa.

Jadi prosa adalah suatu jenis tulisan yang berbeda dengan puisi karena variasi ritme yang dimilikinya lebih besar, serta bahasanya yang lebih sesuai dengan arti leksikalnya. Kata prosa berasal dari bahasa latin "prosa" yang artinya "terus terang". Jenis tulisannya biasa digunakan untuk mendeskripsikan fakta atau ide.

Makannya prosa dapat digunakan untuk surat kabar, majalah, novel, ensklopedia, surat, dan lainnya.

Nah! Prosa itu terbagi menjadi 2 bagian, yaitu prosa lama dan prosa baru.

Dari dua bagian inti di atas, prosa memiliki 4 jenis:
1. Prosa naratif
2. Prosa deskriptif
3. Prosa ekposisi
4. Prosa argumentatif

Tapi malam ini kita akan mendalami prosa lama dan prosa baru dulu.

Bentuk-bentuk sastra prosa lama

-Hikayat
Hikayat, berasal dari bahasa India dan Arab, berisi kisah hidup para dewi, peri, pangeran, putri kerajaan, dan raja-raja yang memiliki kekuatan gaib. Sihir dan kekuatan yang luar biasa dari orang-orang, yang bercerita kadang-kadang tidak masuk akal. Tapi saga mengambil banyak tokoh dalam sejarah.

Contoh: Hikayat Hang Tuah, Kabayan, Pitung, Tale of the Poor, Hikayat Indra Bangsawan, Hikayat Panji Semirang, Hikayat Raja Budiman.

*Sejarah
Sejarah (legenda), merupakan salah satu isi dari dua cerita prosa diambil dari suatu peristiwa sejarah. cerita terungkap dalam sejarah bisa dibuktikan dengan fakta. Selain mengandung peristiwa sejarah, juga berisi silsilah raja-raja. Berisi sejarah silsilah yang ditulis oleh penulis raja ini masyarakat lama. Contoh: Sejarah Melayu bekerja Bendahara Datuk Paduka Raja alias Tun Sri Lanang yang ditulis pada tahun 1612.

*Dongeng
Dongeng, adalah sebuah cerita fiksi. dongeng sendiri banyak ragamnya, sebagai berikut: Dongeng, adalah cerita lama melambangkan hewan sebagai simbol ajaran moral (sering disebut sebagai cerita binatang).

Tungau (mitos), adalah cerita yang berkaitan dengan keyakinan di beberapa objek atau hal yang diyakini memiliki kekuatan gaib.

Legenda, adalah cerita panjang yang menceritakan tentang sejarah suatu tempat atau daerah.

Sage, adalah cerita panjang yang berhubungan dengan sejarah, yang menceritakan keberanian, kepahlawanan, sihir dan keajaiban manusia.

Perumpamaan, adalah cerita fiksi yang menggambarkan sikap moral atau suatu agama atau menggunakan perbandingan tersebut.

Lucu dongeng, adalah cerita tentang perilaku masyarakat bodoh, malas atau cerdik dan masing-masing dijelaskan dalam humor.

*Cerita Berbingkai
Cerita bingkai, adalah cerita di mana ada banyak cerita diberitahu oleh pelaku. Contoh: Seribu Satu Malam.

*Kisah
kisah, adalah kisah perjalanan atau pelayaran seseorang dari satu tempat ke tempat lain. Contoh: A Journey Abdullah ke Negeri Kelantan, Kisah Abdullah ke Jeddah.

Jari-jariku senam malam iniπŸ˜„ *iklan plakk!

Oke abaikan πŸ˜‚, sekarang kita lanjut ke Prosa Baru

Prosa baru adalah esai prosa yang timbul setelah menerima literatur atau pengaruh budaya Barat. Prosa baru adalah sebagai berikut:

*Percintaan
Roman adalah bentuk baru dari prosa yang menceritakan kehidupan protagonis dengan semua kesedihan. Dalam novel, aktor utama yang sering diceritakan dari masa kanak-kanak sampai dewasa, atau bahkan kematian. kebiasaan Romawi mengungkapkan aspek masyarakat atau rinci dan menyeluruh, alur kerja bercabang, banyak derajat (peluncuran).

*Novel
Novel berasal dari Italia. yaitu ‘berita’ Novel. Novel adalah prosa baru yang menggambarkan sebagian besar kehidupan aktor utama konflik yang paling penting, yang paling menarik, dan yang mengandung. konflik mental atau perjuangan mengakibatkan perubahan nasib pelaku. lika roman cenderung idealisme, realisme dalam novel. Biasanya lebih pendek dari novel roman dan lebih panjang dari sebuah cerita pendek. Contoh: Ave Maria oleh Idrus, Keluarga Gerilya oleh Pramoedya Ananta Toer, berburu oleh Pramoedya Ananta Toer, Ziarah Iwan Simatupang, Surabaya oleh Idrus.

*Cerita Pendek (Cerpen)
Adalah prosa cerita pendek baru yang menceritakan sebagian kecil dari kehidupan pelaku yang paling penting dan menarik. Dalam sebuah cerita pendek harus menjadi konflik atau sengketa, tetapi tidak menyebabkan perubahan nasib pelakunya. Contoh: Public Radio oleh Rosihan Anwar, Bulb oleh Asrul Sani, Teman Duduk oleh Moh. Kosin, menghadapi Bembah oleh Trisno Sumarjo, Fall Surau Kami A.A. Navis.

*Riwayat
Sejarah (biografi), adalah esai prosa yang berisi pengalaman hidup sendiri penulis (otobiografi) atau bisa juga pengalaman hidup orang lain sejak kecil hingga dewasa, atau bahkan kematian. Contoh: Soeharto Anak Desa, Prof. Dr. B.J Habibie, Ki Hajar Dewantara.

*Kritis
Kritik adalah karya penilaian yang buruk menguraikan sebuah karya dengan memberikan alasan tentang isi dan bentuk kriteria objektif tertentu dan hakim.

*Resensi
Resensi adalah diskusi / pertimbangan / ulasan suatu karya (buku, film, drama, dll). itu menjelaskan kepada pembaca untuk melihat karya berbagai aspek seperti tema, plot, karakterisasi, dialog, dll, sering disertai dengan penilaian saran dan apakah pekerjaan dibaca atau dinikmati. Contohna bakal panjang, cek Google aja kapan2πŸ˜‚

*Esai
Esai adalah review / kritik dari masalah pada wajah itu berdasarkan pandangan pribadi penulis. Isi dapat pelajaran hidup, komentar, renungan, atau komentar tentang budaya, seni, fenomena sosial, politik, pertunjukan dramatis, film, dll.

Contoh esai (singkat version)
Timbangan Buku Rindu Dendam*

Oleh : J.E Tatengkeng

Suara baru yang datang mengalun, membumbung ke atas, hendak bersatu dengan Yang Mahakuasa. Demikianlah perasaan yang timbul dalam hatiku. Di sana-sini aku terhenti dan mengulangi membacanya, meresaplah hatiku. Alangkah indahnya lukisan dalam sajak pertama, terasa sunyi sepi, terlihatlah ia duduk seorang diri melihat-lihat ke awan dan sepasang pipit terbang dalam hati kecilnya iri, sedih, bangunlah bayangan masa lampau, bernyanyilah hatinya yang penuh rindu dendam itu. Dan di susunlah lagu hatinya dalam madah.

Dalam sajak J.E Tatengkeng ini, kita bertemu dengan kasih duniawi dalam madah di lereng gunung dan hati pujangga dapat menggenggam kasih yang sedalam-dalamnya. Hidup ini penuh dengan keindahan, asal kasih yang datang memberi kebebasan. Tetapi hatinya haus pada yang lebih kekal, ke sana, ke tempat di mana manusia berpaut, cinta yang kekal, yakni cinta pada Tuhan.

Segala yang dilihat dalam alam ini suatu lambang pujian kepada-Nya. Dalam rindu dendam yang kecil ini banyak yang menyimpulkan bahwa sajak ini sangat mendalam maknanya.

Ternyata benar pendapatku tentang semboyan yang tertulis pada halaman pertama. “Seni yaitu gerakan sukma”. Simpulan yang dapat diambil adalah bahwa buku Rindu Dendam ini telah menambah perbendaharaan madah Indonesia dengan sebuah sajak yang berisi perasaan yang memecah keluar.

Segini udah cukup kali yakk? Kalau begitu sekian materi singkat bin padet dari daku. Wabillahi taufik wal hidayah, wa ridho wal innayah, wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakaatuh!

Comments

Popular posts from this blog

Cara mudah membedakan kata "di" yang dipisah dan disambung

Tips menyusun premis cerita agar ceritamu makin terlihat menarik!

Pengertian lengkap dan contoh Dialog tag